Jejaring sosial adalah suatu
struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu
atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik
seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial
memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor
individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor
tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam
berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial
beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan
memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai
tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana,
suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar
simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan
modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram
jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis
penghubungnya.
Sejarah Kemunculan Jejaring Sosial
Jejaring sosial muncul atas dasar
ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.Kehadiran
jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai
situs jejaring sosial pertama di dunia.Tahun 1999 dan 2000 muncul situs
jejaring sosial bernama lunarstorm, live journal, dan cyword sengan sistem
informasi searah.
Nah, pada tahun 2010 munculah
Friendster, situs jejaring sosial yang sangat populer selama beberapa tahun
hingga akhirnya terlindas oleh kemunculan Facebook. Frienster sendiri awalnya
ditujukan sebagai tempat untuk mencari jodoh secara online. Akan tetapi
pengguna jejaring sosial yang sekarang dimiliki oleh perusahaan asal Malaysia
itu lebih meminatinya sebagai situs untuk saling berkenalan dengan pengguna
lain.
Tahun 2003 bermunculan situs
jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti Flikr (berbagi foto),
Youtube (berbagi video), dan MySpace (banyak digunakan sebagai jejaring sosial
musik). Selain Friendster, MySpace merupakan jejaring sosial populer pada saat
itu.
Pada Tahun 2006, kehadiran facebook
menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang
diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna.
Tahun 2009, muncul jejaring sosial
Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer.
Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau (tweet) maksimal 140 karakter.
Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter menjadi jejaring sosial micro
blogging pupuler. Karena terbatas, jadi orang hanya menuliskan kata-kata yang
penting saja, dan tidak lebay seperti kebanyakan status di Facebook.
Baru-baru ini saham jejaring sosial
MySpace dibeli oleh penyanyi Justin Timberlake yang kabarnya sebagai pemilik
saham terbesar. Dengan menguasai sebagian saham MySpace, Justin bertekat untuk
menjadikan MySpace sebagai jejaring sosial musik yang pupuler.
Tahun 2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus) yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook. Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip facebook, Google+ disebut-sebut akan menjadi jejaring sosial populer. Mungkinkah bisa mengalahkan Facebook?
Tahun 2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus) yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook. Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip facebook, Google+ disebut-sebut akan menjadi jejaring sosial populer. Mungkinkah bisa mengalahkan Facebook?
Kelebihan Google+ adalah memiliki
fitur dan sistem yang dimiliki oleh facebook dan twitter, bisa dibilang
penggabungan dari dua jejaring sosial tersebut.
Situs jejaring sosial kini sangat
mudah untuk diakses, dari anak - anak hingga orang dewasa sudah mengetahui apa
itu jejaring sosial dan bagaimana cara pemanfaatannya. Jejaring sosial
diciptakan dengan keragaman dan ciri khas masing - masing dan tentunya
mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. Situs jejaring
sosial yang mulai dikenal luas juga mempunyai beberapa peranan penting dalam
kehidupan di masa ini. Berikut ini adalah beberapa dari kelebihan dan kekurangan
jejaring sosial yang dapat dirasakan oleh para penggunanya.
Kelebihan/Dampak Positif dari Jejaring Sosial
Kelebihan/Dampak Positif dari Jejaring Sosial
- Dengan adanya situs jejaring sosial, proses sosialisasi dapat dilakukan dengan mudah, karena jejaring sosial menyediakan sarana pertukaran informasi yang cepat,tepat dan mudah bagi para penggunanya.
- Bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis, misalnya untuk menawarkan product yang ingin dijual.
- Komunikasi menjadi lebih mudah karena sudah tidak dibatasi oleh jarak dan biaya yang mahal
Kekurangan/Dampak Negatif dari Jejaring Sosial
- Bisa menimbulkan ketergantungan terhadap teknologi.
- Makin maraknya Cyber Crime.
Beberapa contoh situs web jejaring sosial
(Inggris) Facebook
(Inggris) Twitter
(Inggris) Youfriends
(Inggris) Friendster
(Inggris) Ketiker
(Inggris) Hi5
(Inggris) MySpace
Analisis jejaring sosial internasional:
(Inggris) The International Network for Social Network Analyis (INSNA)
(Inggris) Dynamic Centrality in Social Networks
(Inggris) Center for Computational Analysis of Social and Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon
(Inggris) NetLab at the University of Toronto, studies the intersection of social, communication, information and computing networks
Jejaring sosial yang berasal dari
Indonesia
Adandu Situs ini diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober
2009. Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan
layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen.
AkuCintaSekolah Situs komunitas yang bertujuan untuk menjadi wadah semua orang
yang pernah dan masih sekolah di Indonesia. Situs jejaring sosial ini menurut
penggunanya cukup aman bagi anak sekolah. Semua data yang didapat oleh situs
ini merupakan hasil survei yang langsung didata ke setiap sekolah.
Catchfriend Situs ini meski sederhana, namun menyajikan halaman khusus untuk
bisnis. Sayangnya jejaring ini tidak memiliki notifikasi jika ada user baru
yang bergabung atau menampilkan user yang sedang online.
digli Secara konsep, situs jejaring ini menggabungkan antara Facebook
dengan Kaskus. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 11.942 orang.
FB.co.id Situs ini lahir dengan konsep yang hampir mirip dengan Facebook,
yaitu menjaring sebanyak-banyaknyauser untuk menjadi member aktif.
beberapa fitur seperti sharing album foto, video, dan blog.
Fupei Friends Uniting Program Especially Indonesia, sebuah situs
komunitas yang berisi jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet,
dikhususkan untuk kalangan Indonesia.
Goesmart Sosial media pendidikan buatan Bandung ini diperuntukkan bagi
pelajar, guru, orang tua dan alumni. Situs web berbasis multimedia interaktif
ini terdapat fitur ruang diskusi, ngobrol, rapor, album alumni, book
viewer, soal latihan, dan badge.
Indoface Situs ini membagi anggotanya menjadi 2 macam, personal
member danband member. Seorang anggota dapat membuat polling atau
jajak pendapat untuk dibagikan ke anggota lainnya.
Kiber Kependekan dari Kitaberbagi.com, situs yang menjadi wadah untuk
berbagi dan bersilaturahmi dengan kerabat, teman, atau relasi.
Kombes Dengan berbagai macam aplikasi untuk
berintekrasi secara online seperti chat room, im chat, forum, sharing
video/audio, social bookmarking yang menarik. Situs yang ber-tagline The
Indonesian Social Network ini memiliki anggota 44.219 orang.
Kongkoow Situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan
fasilitas sangat lengkap seperti akun e-mail, file sharing, video
streaming, danblogging.
Koprol Salah satu keunggulan Koprol adalah fitur Place Tag, yang akan
menginformasikan teman di dekat lokasi anda. Karena popularitasnya, situs ini
kemudian dibeli oleh Yahoo!
LiLOCITY LiLO (Little Online), merupakan media berkumpul anak muda yang
berkonsep virtual world society (VWS). Situs ini terhubung dengan situs
jejaring Facebook.
Otofriends Dengan tagline “Community
Gathering, Start From Indonesia”, situs ini tergolong cepat dengan fitur
komplit serta terus bertambah. Fiturnya merupakan kombinasi dari Facebook,
Yahoogroups, Friendster, dan Multiply dengan mengkhususkan pada bidang
otomotif.
Mobinessia Tampilannya cukup simpel seperti sebuah forum online.
Jejaring yang didirikan pada 2009 ini dibuat untuk sarana pertemanan berbasis
ponsel dengan fitur microblogging, album photo, kronologer
status, messaging, dan chat.
MyPulau Situs
jejaring yang dimiliki Telkomsel ini memiliki lebih dari 2.000.000 anggota.
Setiap anggota bisa membuat pulau sendiri yang berisi tentang aktivitas dan
profil mereka.
Paseban Situs yang dikembangkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan
masyarakat luas, yaitu bersosialisasi. Situs ini muncul dengan konsep situs
jejaring sosial yang berbasiskan komunitas.
Ruangmuslim Situs jejaring sosial islami untuk muslim Indonesia. RuangMuslim
menyediakan beragam fitur dan konten islami.
Salingsapa.com Berteman dalam Dakwah, begitu tagline dari
situs pertemanan bernuansa islami dan tidak ada hubungannya dengansalingsilang.com ini.
Fiturnya memang lebih banyak berkaitan dengan hal-hal keagamaan.
Statusbooks Situs jejaring sosial asal indonesia yang cukup lengkap fiturnya
dan menyerupai Facebook. Di situs ini Anda bisa bergabung dengan salah satu
grup yang ada, mengikuti forum, membuat album foto, atau membuat blog.
Temanku Situs
pertemanan online ini bisa dikatakan mirip sekali dengan situs
jejaring Facebook.
Mulai dari halaman awal hingga cara mendaftarnya sangat mirip atau copycat dari
FB.
Twoo Jejaring
sosial yang menyediakan sarana paling asyik untuk bertemu kenalan baru di
daerah Anda. Situs pertemanan ini sepertinya cocok buat Anda yang masih
berstatus jomblo.
YourFriends Sama halnya dengan Temanku, situs jejaring sosial ini masih
berkiblat pada Facebook. Hanya warna dominannya saja yang dibikin
berbeda, yakni hijau-putih.
Zeetal Komunitas internet Indonesia yang memungkinkan Anda untuk
terhubung bersama teman, keluarga, atau bahkan siapa saja di seluruh dunia.
Layanan Jejaring Sosial
Jangkauan internet di Indonesia telah melampaui media tradisional dan menduduki posisi kedua setelah televisi. Ini berdasarkan studi Net Index Ketiga yang diumumkan Yahoo! Inc. Hasil studi itu menunjukkan, jejaring sosial menduduki peringkat pertama sebagai aktivitas online paling populer (89%), diikuti kategori pengunjung laman internet (72%) dan pembaca berita (61%).
Penyebab perubahan tren ini adalah kelompok masyarakat Indonesia berusia 15-30 tahun yang menggunakan internet untuk keperluan hiburan seperti aktivitas terkait games dan pengunduhan musik. Menariknya, secara frekuensi jangkauan media online lebih tinggi pada masyarakat Indonesia usia tengah baya dibanding usia muda.
"Dengan pertumbuhan pengguna baru internet yang cepat, ini saat bagi para pemasar mengarahkan kembali strategi mereka didasarkan pada dinamika online di Indonesia," demikian pernyataan Pontus Sonnerstedt, Country Manager Yahoo! Indonesia, Selasa (26/7/2011).
Sementara itu, Suresh Subramanian, Deputy Managing Director TNS Indonesia mengatakan jejak digital konsumen telah menjadi aset paling bernilai bagi perusahaan yang hendak membuat investasi.
Dalam studinya ini, Net Index 2011 menggabungkan metodologi dan teknik teruji pada pemilihan sampel untuk memastikan perwakilan yang lengkap pada populasi target. Responden dipilih menggunakan teknik sampel probabilitas multi tahapan. Yahoo! berharap penelitian ini dapat memberikan data yang relevan untuk memungkinkan orang Indonesia membuat keputusan mengenai periklanan pada properti yang mereka miliki.
Mari kita lihat saja salah satu contoh jejaring sosial facebook. Pada 2007 Microsoft membayar US$250 juta hanya untuk 1,6% kepemilikan saham. Jika ditotal,harga Facebook bisa mencapai US$ 15 miliar. Akan tetapi, krisis global yang menghantam bisnis iklan online yang merupakan sumber pendapatan utama Facebook, bisa membuat harganya turun. Tidak ada yang meragukan Facebook sangat populer, oleh sebab itu perkembangannya ke seluruh dunia menyebar bak virus. Dengan perkembangan yang sangat cepat ini tidaklah mengherankan jika Mark Zuckerberg mengatakan dia terus berkomitmen membuat Facebook tetap relevan di masa yang akan datang.
"Jadi,
dengan adanya Jejaring sosial sebenarnya manusia sudah sangat terbantu dalam
banyak hal, namun baik atau buruknya dampak penggunaan dari jejaring sosial
tersebut tergantung pada siapa dan untuk keperluan apa jejaring sosial ini
digunakan. Oleh sebab itu, gunakanlah jejaring sosial sebaik mungkin agar dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan dan dapat berguna bagi banyak orang."
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
http://salingsilang.com/baca/inilah-24-jejaring-sosial-asli-indonesia-
http://www.tahukahkamu.com/2011/08/asal-usul-dan-sejarah-perkembangan.html#ixzz2BYGJhCmz
http://salingsilang.com/baca/inilah-24-jejaring-sosial-asli-indonesia-
http://www.tahukahkamu.com/2011/08/asal-usul-dan-sejarah-perkembangan.html#ixzz2BYGJhCmz
Resensi :
Hendroyono,Tony.Facebook.PT
Mizan Publika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar